Abstrak laporan PKMM 2010



PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK MENGGUNAKAN LIMBAH PERTANIAN BAGI KELOMPOK TANI DESA PANCASARI, BULELENG UNTUK MENDUKUNG PERTANIAN BERKELANJUTAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

I W. Madiya, N. L. P. Suarsani, L. Murniasih, K. D. Yuniasri, N. L. A. Sriningsih
Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha

ABSTRAK
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu memberikan pelatihan tentang teknik pembuatan pupuk organik berbasis limbah pertanian kepada masyarakat Desa Pancasari dan khususnya untuk masyarakat petani sayur mayur kelompok Tani Mitra Tani. Teknologi ini selain untuk memanfaatkan limbah hasil pertanian di daerah Pancasari, juga diharapkan menjadi solusi dalam menangani masalah kelangkaan pupuk organik dan meminimalisasi penggunaan pupuk sintetik, serta menambah wawasan petani sayur mayur kelompok tani Mitra Tani dalam upaya meningkatkan produktivitas hasil pertaniannya di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali dengan memanfaatkan limbah hasil pertanian menjadi pupuk organik.
Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan program kreativitas mahasiswa ini yaitu metode observasi, wawancara,  penyuluhan dan pelatihan, serta penyebaran kuisioner. Hasil pelaksanaan PKMM menunjukkan bahwa penyuluhan dan pelatihan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan teknik pembuatan pupuk organik berbasis limbah hasil pertanian kepada kelompok tani Mitra Tani, Desa Pancasari, Kabupaten Buleleng, Bali. Kelompok tani Mitra Tani memberikan respon positif terhadap penyuluhan dan pelatihan pembuatan pupuk organik berbasis limbah hasil pertanian. Respon positif tersebut terlihat dari keantusiasan peserta dalam mengikuti kegiatan dan kemauan untuk mencoba resep yang diberikan secara mandiri serta hasil analisis penyebaran kuisioner yang diberikan setelah pelatihan berakhir.

Kata kunci : penyuluhan dan pelatihan, limbah pertanian, pupuk organik, kelompok tani Mitra Tani.

Komentar