Analisis kadar klorida mata air Sudhamala

Analisis Kadar Klorida Pada Mata Air Sudhamala Dengan Titrasi Argentometri Metode Mohr

I Wayan Madiya, Putu Septian Eka A. P., Ni Luh Putu Suarsani,  
Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha


ABSTRAK

Mata air Sudhamala merupakan salah satu mata air alami yang berasal dari mata air aquiver yang terdapat di Kelurahan Banyuasri, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Mata air ini umumnya digunakan sebagai air minum langsung konsumsi dan sebagai obat oleh masyarakat Banyuasri dan sekitarnya tanpa pengolahan lebih lanjut. Untuk menghindari kemungkinan dampak negatif yang terjadi terhadap penggunaan mata air ini, maka perlu dilakukan penelitian terhadap kualitas air minum tersebut. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan titrasi argentometri metode Mohr.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis kadar klorida pada mata air Sudhamala, dan (2) mendeskripsikan kualitas mata air Sudhamala di Kelurahan Banyuasri, Singaraja  berdasarkan parameter klorida.
 Titrasi Argentometri metode Mohr menggunakan ion kromat (CrO4) sebagai indikator. Apabila ke dalam larutan yang mengandung ion klorida ditambahkan indikator K2CrO4 dan selanjutnya dititrasi dengan larutan standar AgNO3, maka pada titik akhir titrasi akan terbentuk endapan merah kecoklatan Ag2CrO4.  Untuk mengetahui jumlah ion klorida dalam air, digunakan titrasi blanko sebagai pembanding untuk menstandarisasi AgNO3 yang selanjutnya digunakan untuk mentitrasi aquades. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kadar klorida air Sudhamala sebanyak 15,30 mg/L. Sehingga, mata air ini dapat digolongkan ke dalam kualitas air golongan A, yaitu air yang dapat dikonsumsi sebagai air minum secara langsung dari sumbernya (Peraturan Pemerintah No.20 Tahun 1990). Hal ini diperkuat oleh Peraturan Menteri Kesehatan (PERMENKES) Nomor 4126/1990 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air, yang menyatakan bahwa konsentrasi klorida dalam air minum maksimum yang diperbolehkan sebesar 250 mg/L. 

Kata Kunci: kadar klorida, titrasi argentometri metode mohr, air sudhamala

Komentar