PEMETAAN STANDAR SK-KD KIMIA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM
PEMETAAN STANDAR SK-KD
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII/ I
STANDAR kOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | Tingkat Ranah | Indikator (***) | Tingkat Ranah | Materi Pokok Pengembangan | Ruang lingkup | ALOKASI WAKTU | ||
1 | 2 | 3 | |||||||
1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit | 1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan | C2 | · menjelaskan sifat koligatif larutan sesuai hukum Raoult · Menghitung konsentrasi molal dan fraksi mol larutan · menjelaskan pengaruh zat terlarut non volatil terhadap tekanan uap pelarut · menjelaskan diagram PT untuk Meramalkan tekanan uap, titik didih dan titik beku larutan · menghitung tekanan uap, titik beku dan titik didih larutan non elektrolit dan lektrolit · menyimpulkan pengaruh zat terlarut non volatil terhadap titik beku dan titik didih larutan melalui percobaan · menjelaskan konsep osmosis dan tekanan osmosis larutan · menghitung tekanan osmosis larutan non elektrolit dan elektrolit | C1 C2 C2 C2 C2 C2 C1 C2 | pengertian dan jenis sifat koligatif larutan. molalitas dan fraksi mol larutan tekanan uap cairan pelarut dan perubahannya akibat zat terlarut Hubungan tekanan( P) dan suhu (T) zat cair, padat dan gas penurunan tekanan uap, penurunan titik beku, dan kenaikan titik didih larutan titik didih dan titik beku larutan non elektrolit peristiwa osmosis dan tekanan osmosis larutan hukum Van’t Hoff dan tekanan osmosis | | | X X X X X X X X | 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP |
| 1.2 membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan | C6 | · menyimpulkan sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit yang konsentrasi sama melalui data percobaan · meramalkan tekanan uap, titik didih, titik beku, tekanan osmosis larutan non elektrolit dan elektrolit jika konsentrasinya sama | C6 C3 | titik beku dan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit tekanan uap dan tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit | | | X X | 2 JP 2 JP |
2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari | 2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri | C3 | · menulis persamaan reaksi redoks dalam bentuk setara · menghitung potensial sel reaksi redoks pada sel volta · menjabarkan bagian-bagian sel volta dan kegunaanya · menyelidiki adanya keterlibatan energi listrik dalam reaksi redoks pada sel volta · menerangkan cara mencegah korosi yang terjadi pada logam | C1 C3 C2 C3 C2 | penyetaraan reaksi reduksi oksidasi potensial reaksi redoks dan sel volta manfaat sel volta dan sel volta dalam kehidupan sehari-hari ( baterai, akumulator) energi listrik dalam sel volta dan reaksi redoks korosi pada logam dan cara pencegahannya. | | | X X X X X | 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP |
| 2.2 Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis | C3 | · menulis reaksi redoks yang terjadi pada elektroda dari sel elektrolisis · menjabarkan bagian-bagian dari sel elektrolisis dan fungsinya · meramalkan hasil reaksi yang terjadi pada elektrolisis larutan elektrolit | C1 C2 C3 | reaksi redoks pada sel elektrolisis fungsi sel elektrolisis ( pemurnian logam, penyepuhan dan elektroplating) percobaan mengelektrolisis beberapa larutan ( larutan KI, H2SO4 dan NaCl ) | | | X X X | 2 JP 2 JP 2 JP |
| 2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit | C3 | · menguraikan variabel –varabel yang ada pada hukum Faraday yang berkaitan dengan elektrolis larutan · menggunakan hukum Fadaray dalam elektrolisis untuk menentukan hasil elektrolisis | C2 C3 | hukum Faraday I dan II dalam reaksi kimia stoikiometri dalam elektrolisis menggunakan hukum Faraday | | | X X | 2 JP 2 JP |
3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam | 3.1 Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut | C1 | · Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam · mendaftar produk alam/industri yang mengandung unsur utama dan unsur transisi | C1 C1 | kelimpahan dan daerah penghasil unsur gol utama ( I,II dan III, belerang,fosfor, silikon dan halogen) dan unsur transisi ( besi, tembaga, nikel, perak, emas dan timbal). produk industri yang mengandung unsur utama dan transisi ( gol. makanan, minuman, tekstil, petrokimia) | | | X X | 1 JP 1 JP |
| 3.2 Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya) | C3 | · mengidentifikasi sifat fisika dan sifat kimia unsur utama dan unsur transisi periode ke 4 · menjelaskan perbedaan sifat fisik dan kimia unsur-unsur utama ( gol A) dan unsur transisi periode 4 ( gol B ) · menyelidiki sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi(kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan) · menyelidiki kesadahan air dan cara menghilangkan kesadahan · menemukan keteraturan sifat unsur periode ke 3 melalui percobaan. · merumuskan keteraturan sifat pengoksidasi dan pereduksi unsur halogen dan ion halida · memprediksi kadar klor aktif dalam bahan pemutih atau iodat dalam garam beriodium | C1 C2 C3 C3 C3 C1 C1 | sifat fisika (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, energi ionisasi) dan sifat kimia ( reaktifitas, oksidator /reduktor) unsur utama dan unsur transisi periode ke 4 penyebab perbedaan sifat unsur gol. utama dan unsur transisi, karakteristik unsur dengan reaksi nyala, warna larutan dan kekerasan kelarutan senyawa alkali tanah dalam air ( basa, sulfat, kromat, karbonat dan oksalat) kesadahan air dan cara menghilangkannya sifat-sifat unsur periode ke 3 SPU sifat pengoksidasi dan pereduksi unsur halogen dan ion halida kadar zat oksidator atau reduktor dalam bahan ( pemutih, vit.C, garam beriodium, dll.) | | | X X X X X X X | 1 JP 1 JP 1JP 1 JP 1 JP 1 JP 1 JP |
| 3.3 Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari | C2 | · mengidentifikasi manfaat dan dampak penggunaan unsur utama dan transisi serta senyawanya dalam kehidupan · menjelaskan proses pembuatan unsur dan senyawa dalam industri · menghitung kadar unsur yang terdapat dalam pupuk buatan | C1 C2 C2 | manfaat dan dampak penggunaan senyawa dan unsur dalam bahan ( makanan, minuman, tekstil, petrokimia, estetika) pembuatan unsur ( besi, aluminium, tembaga, fosfor, belerang) dan senyawa ( amonia, asam sulfat, asam nitrat) pupuk buatan ( pupuk nitrogen, pupuk kalium, pupuk fosfat, NPK ) | | | X X X | 1 JP 1 JP 1 JP |
Kelas XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | Tingkat Ranah | Indikator (***) | Tingkat Berpikir | Materi Pokok Pengembangan | Ruang lingkup | Alokasi Waktu | ||
1 | 2 | 3 | |||||||
4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul | 4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat) | C6 | · menulis rumus struktur senyawa karbon dengan nama tertentu · menamai senyawa karbon dengan rumus struktur dan gugus fungsi tertentu sesuai aturan IUPAC · menjelaskan kegunaan senyawa karbon · mengklasifikasikan senyawa karbon berdasarkan sifat dan kegunaan, keisomeran · menyimpulkan jenis dan struktur senyawa karbon berdasarkan sifat kimia dan fisika · menghubungkan data sifat senyawa karbon dengan rumus struktur senyawa karbon. · menyimpulkan nama senyawa karbon berdasarkan data sifat senyawa | C1 C1 C2 C3 C4 C5 C6 | senyawa karbon dan gugus fungsi tata nama senyawa karbon sesuai dengan gugus fungsi (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat) kegunaan senyawa karbon sifat-sifat senyawa karbon dan keisomeran pada senyawa karbon reaksi senyawa karbon dan identifikasinya analisis struktur senyawa karbon berdasarkan data sifat senyawa. analisis struktur senyawa karbon berdasarkan data sifat senyawa. | | | X X X X X X X | 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP |
| 4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya | C6 | · menjelaskan struktur, penulisan dan sifat benzena · menjelaskan kegunaan benzena dan senyawa turunannya · menentukan senyawa turunan benzena berdasarkan sifat dan kegunaan senyawa tersebut. · menganalisis data sifat senyawa untuk menentukan struktur benzena atau turunannya · merumuskan nama senyawa turunan benzena berdasarkan data rumus hasil analisis senyawa. · memprediksi hasil reaksi senyawa benzena atau turunannya | C2 C2 C3 C4 C5 C6 | struktur benzena dan sifatnya senyawa turunan benzena keisomeran pada senyawa turunan benzena dan kegunaannya analisis struktur senyawa berdasarkan sifat-sifat kimia/ fisika mengidentifikasi senyawa karbon berdasarkan reaksi-reaksi yang terjadi. reaksi-reaksi benzena dan turunannya | | | X X X X X X | 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP |
| 4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein) | C6 | · menjelaskan struktur, tata nama, penggolongan dan sifat polimer · mengidentifikasi kegunaan polimer · menjelaskan struktur, tata nama, penggolongan dan sifat karbohidrat · menjelaskan struktur, tata nama, penggolongan dan sifat protein · melakukan percobaan untuk menentukan gula reduksi dan struktur ikatan peptida dan asam amino tertentu · menguji adanya asam amino tertentu dalam protein dengan reagen tertentu. · merumuskan ikatan peptida dalam penggabungan asam amino membentuk peptida · memilih jenis polisakarida berdasarkan ikatan antar monosakarida | C2 C1 C2 C2 C3 C4 C5 C6 | struktur, tata nama, penggolongan dan sifat polimer kegunaan polimer dan dampak pemakaiannya struktur, tata nama, penggolongan dan sifat karbohidrat struktur, tata nama, penggolongan dan sifat asam amino, ikatan peptida dan protein mengenali gula reduksi dan ikatan peptida mengenali jenis asam amino tertentu dalam protein. menyusun rantai asam peptida dalam penggabungan asam amino. ikatan dalam polisakarida | | | X X X X X X X X | 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP |
| 4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak | C6 | · menjelaskan struktur, tata nama, penggolongan dan sifat lemak · menjelaskan perbedaan lemak dan minyak serta kegunaannya · menentukan hasil hidrolisis lemak oleh asam atau basa. · menemukan angka penyabunan lemah berdasarkan data atau hasil percobaan . · merancang percobaan untuk menentukan bilangan iodium suatu lemak · memprediksi dampak penggunaan lemak terhadap pertumbuhan tubuh. | C2 C2 C3 C4 C4 C5 | struktur, tata nama, penggolongan dan sifat lemak tingkat kejenuhan lemak dan manfaat lemak bagi tubuh. hidrolisis lemak dengan asam/ basa angka penyabunan lemak bilangan iodium dan tingkat kejenuhan lemak. keuntungan dan kerugian pemakaian lemak bagi tubuh. | | | X X X X X X | 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP |
DESAIN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XII
MINGGU KE | KOMPETENSI DASAR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | ||
TATAP MUKA | TUGAS TERSTRUKTUR | KEGIATAN MANDIRI | ||
1 | 1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan 1.2 membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan | Guru 1. | | |
2 | | Guru 1. menjelaskan konsep vector dan resultan vector secara grafis | 1. praktik resultan dua vektor sebidang | 1. membuat laporan hasil praktik |
3 | 2. menjelaskan resultan vector secara analisis | 2. diskusi kelompok resultan vector grafis dan analisis | 2. tugas pekerjaan rumah | |
4 | | Guru 1. mendemonstrasikan 3 jenis gerak 2. menjelaskan prinsip penting gerak lurus | 1. praktik gerak dengan percepatan konstan | 1. membuat laporan hasil praktik |
5 | 3. menjelaskan gerak pada bidang vertikal | 2. diskusi hasil praktik 3. diskusi pemecahan masalah gerak pada bidang vertikal | 2. praktik mengukur percepatan gerak jatuh bebas |
Ruang Lingkup
Mata pelajaran Kimia di SMA/MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan pengukurannya dengan perluasan pada konsep abstrak yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia, stoikiometri, larutan non-elektrolit dan elektrolit, reaksi oksidasi-reduksi, senyawa organik dan makromolekul
2. Termokimia, laju reaksi dan kesetimbangan, larutan asam basa, stoikiometri larutan, kesetimbangan ion dalam larutan dan sistem koloid
3. Sifat koligatif larutan, redoks dan elektrokimia, karakteristik unsur, kegunaan, dan bahayanya, senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, Makromolekul
Komentar