QUANTUM LEARNING

Peran Quantum Learning dalam Pelaksanaan Harm Reduction sebagai Upaya Meminimalisasi Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS

Quantum learning merupakan salah satu startegi dalam proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan dan bermanfaat. Quantum learning bermanfaat untuk membentuk sikap : sikap postif, motivasi , keterampilan belajar seumur hidup, kepercayan diri, dan sukses. Hal inilah yang akan dikembangkan ke dalam berbagai kiat-kiat untuk membantu pelaksanaan Harm Reduction sebagai upaya meminimalisasi bahaya narkoba.
Menciptakan minat merupakan langkah pertama untuk dapat melangkah ke tahap selanjutnya. Menciptakan minat adalah cara yang sangat baik untuk memberikan motivasi pada diri, agar tujuan yang dinginkan dapat tercapai, sehingga dapat menemukan sesuatu yang menarik bagi kita. Hal inilah yang
menuyebabkan timbulnya motivasi mempelajari suatu informasi untuk beberapa alasan. Misalnya kita sudah mempunyai informasi mengenai dampak negatif yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba maka kita akan termotivasi untuk tidak ingin mencoba dan mersakan menjadi penguna narkoba. Terbentuknya minat pada suatu subjek, akan menciptakan minat baru sehingga timbul rekreasi rantai yang terus-menerus. Hal ini dapat dilihat pada contoh berikut.

Gambar 4.1 Ilutrasi pemikiran

Upaya selanjutnya yaitu, mempunyai kemampuan untuk membuat keputusan dengan penuh keyakinan yang dapat melahirkan kekuatan pribadi. Pikiran yang terbuka menyerap dan mengolah pengetahuan, dan dengan penuh semangat mencari lebih banyak lagi. Hal ini terbentuk dari “diri” yang introspektif dan mulai bertualang di dunia luas.semngatnya adalah untuk menelusuri sesuatu yang baru dan positf, mengintip ke setiap celah-celah yang tersembunyi, dan mengikuti setiap jalur yang ada dalam mencari pengetahuan. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin banyak pilihan yang dimiliki. Artinya ketika kita menghadapi suatu permasalahan, kita dapat mengatasi dengan berbagai pemecahan masalah.Contohnya, ketika seorang remaja diputuskan oleh pacarnya, ia tidak putus asa dan melakukan hal yang merugikan dirinya seperti: mengkonsumsi narkoba.
Trik berikutnya adalah “ kalimat-kalimat positif yang tergantung di dinding, menjadi pengingat abadi akan potensi dan kelebihan anda” . Tanda-tanda positif merupakan rangsangan visual yang mengingatkan bahwa kita mampu menjadi orang yang istimewa dan terhindar dari hal negatif. Misalnya “ katakan tidak untuk narkoba”.
Berdasarkan trik-trik yang dikemukan di atas dan masih banyak lagi trik-trik yang terdapat dalam Quantum learning untuk berperan dalam Harm Reduction sebagai upaya meminimalisasi bahaya penyalahgunaan narkoba. Jadi peran quantum learning sangat penting, dalam pelaksanaan Harm Reduction sebagai uapaya meminimalisasi bahaya narkoba dan HIV/AIDS karena Quantum learning berisikan tentang kiat, petunjuk stategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat ehingga kendala yang dialmi masyarakat dalam hal ini pelajar dapat diatasi.

Komentar