INOVASI PEMBELAJARAN


PEMBELAJARAN EFEKTIF 
OLEH. I WAYAN MADIYA, DKK
2010

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Proses pembelajaran merupakan kesatuan dua proses antara siswa yang belajar dan guru yang membelajarkan/mengajar. Belajar diartikan sebagai suatu perubahan tingkah laku hasil belajar pada diri individu atau diartikan sebagai perubahan konsepsi atau kebiasaan berpikir peserta didik (Arnyana, 2006). Sedangkan pengertian kegiatan mengajar yaitu usaha untuk memfasilitasi terjadinya proses belajar (Subagia & Wiratma, 2007).
Proses pembelajaran optima dapat ditentukan oleh tiga hal, pertama persiapan anak didik untuk menerima pelajaran, kedua persiapan guru dalam mengajar, ketiga lingkungan  tempat proses pembelajaran berlangsung. Bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang efektif adalah merupakan tugas guru karena lingkungan belajar yang efektif sangat mendukung keberhasilan pembelajaran. Penyediaan lingkungan belajar yang efektif merupakan salah satu strategi guru untuk mencegah atau mengurangi perilaku buruk siswa, serta memanfaatkan waktu belajar di kelas dengan baik dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dalam hal ini guru harus mempunyai kemampuan untuk memejemen pembelajaran di kelasnya sehingga siswa dapat lebih terfokus pada hal-hal yang terjadi di kelasnya tanpa terpengaruh oleh situasi di luar kelas.  
Menejemen pembelajaran, yaitu keseluruhan cara yang membuat siswa yang berperilaku buruk menurun/berkurang jumlahnya. Manajemen pembelajaran juga mengandung pengertian upaya untuk membuat siswa tetap tertarik, terlibat dan menunjukkan antusiasme dalam pembelajaran yang sekaligus untuk mencegah munculnya perilaku buruk (Slavin, 2009).
Namun, banyak pihak belum memahami cara menciptakan lingkungan belajar yang efektif atau belum mampu mengatur pembelajaran tersebut. Guru terkadang hanya memikirkan mengajar dan kurang mempedulikan seberapa efektif pembelajaran yang mereka kelola. Guru pun akan menghadapi masalah disiplin dan perilaku siswa yang buruk atau menyimpang yang tidak diharapkan muncul dalam atau setelah pembelajaran itu dilakukan.
1.2 Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1.2.1        Apakah Pengertian pembelajaran efektif
1.2.2        Bagaimanakah cara mengajar yang efektif
1.2.3  Bagaimanakah pengaruh metode dan tekhnik pembelajaran dalam menciptakan  pembelajaran efektif.

1.3 Tujuan
            Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui hal-hal berikut.
1)      Pengertian  pembelajaran efektif.
2)      Cara mengajar yang efektif
3)      Pengaruh metode dan tehnik pembelajaran dalam menciptakan pembelajaran efektif
1.4 Manfaat
            Secara umum manfaat penulisan makalah ini adalah dapat memberikan informasi tentang  pembelajaran yang efektif. Adapun manfaat khusus yang dapat diperoleh dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1)      Bagi Penulis
a)      Menambah pemahaman tentang pembelajaran yang efektif.
b)      Menambah pemahaman tentang cara mengajar yang efektif
c)      Memperoleh pemahaman tentang cara menciptakan pembelajaran efektif.
2)      Bagi Pembaca
a)      Menambah wawasan tentang masalah pembelajaran di sekolah.
b)      Menambah wawasan bagi guru atau calon guru tentang cara mengajar yang efektif
c)      Menambah wawasan tentang upaya mengatasi perilaku siswa yang menyimpang, serta cara  mengatasi masalah sejenis yang ditemukan dalam menciptakan pembelajaran yang efektif.

Komentar