KAMBOJA (plumeria accuminata )

By: I Wayan Madiya
Kamboja (plumeria accuminata )

Tanaman kamboja menyebar ke Indonesia melalui Belanda.Tanaman ini berasal dari daerah gurun pasir di daratan Afrika seperti di Sinegal sampai Sudan, Kenya, Mozambique. Kamboja (plumeria Sp) ditemukan oleh botanis asal Perancis yakni Charles Plumier (1046-1706). Indonesia sendiri juga memiliki varietas kamboja asli yakni jenis kamboja berbunga putih dengan bagian dalam berwarna kuning. Bunganya berukuran kecil dengan kelopak yang tidak terbukapenuh saat mekar. Kamboja jenis ini banyak ditemukan di Bali dan Jawa. Para pakar botanis mengemukakan 4 jenis (spesies) kamboja yakni, plumeria obtusa, plumeria pudika, plumeria rubra,dan plumeria acutifolia
. Selain empat jenis di atas, dikenal pula rubra tricolor atau rubra hybrid yang merupakan hasil persilangan. Hasil persilangan biasnya memiliki tanda berupa warna bunga yang bervariasi dan berkelopak besar. Varietas plumeria rubra misalnya, ditandai ujung daun dan kelopak bunga runcing. Sedangkan plumeria obtuse ditandai dengan ujung daun dan kelopak bunga membulat. Sosok keseluruhan tanaman kamboja ini sangat eksotis dengan bentuk batang sangat artistik.
Pada dasarnya kamboja termasuk tanaman sekulen (mampu menyimpan air). Pohon kamboja bisa bertahan hidup hingga puluhan tahun dan mencapai tinggi 7-10 meter. Daunnya berwarna hijau dengan urat daun yang jelas. Kamboja dapat berbunga sepanjang tahun. Tangkai bunga muncul dari batang,pada setiap tangkai bunga bisa dijumpai puluhan kuntum bunga. Biasanya, kamboja berbunga serentak, namun ada jenis tertentu yang bergantian. Umumnya, kamboja mudah berkembang biak. Bisa dengan penyemaian biji atau stek batang. Tanaman ini juga bisa tumbuh didataran tinggi dan rendah. Kamboja juga menyukai sinar matahari sepanjang hari. Kamboja (plumeria Sp.), tergolong tanaman yang dapat mencapai usia ratusan tahun seperti halnya kaktus raksasa. Tanaman ini merupakan jenis suculent, yakni tumbuhan yang dapat menyimpan air pada seluruh bagian tubuhnya, dari akar, batang, daun, bunga, sampai buah.
Tanaman kamboja merupakan tanaman dari keluarga Apocynaceae. Kamboja memiliki beberapa keluarga dekat, yakni pachypodium, adenium (kamboja jepang), dan manderila. Walaupun berada dalam satu keluarga tetapi memiliki bentuk, dan warna bunga yang berbeda. Pohon yang bunganya selalu ada sepanjang tahun ini menyukai sinar matahari yang berlimpah karena ia adalah tanaman khas daerah tropis.
Klasifikasi tanaman kamboja (Plumeria Accuminata)
Tanaman kamboja memiliki nama latin plumeria accuminata.
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa : Apocynales
Suku : Apocyanaceae
Marga : Plumeria
Jenis : Plumeria acuminate, W.T.Ait
(Backer and Brink Jr, 1965 ; Tjitrosoepomo, 2000

Komentar