SUSILA DAN PANCA YADNYA

SUSILA DAN PANCA YADNYA

Oleh: I Wayan Madiya

1.1 Latar Belakang
Agama Hindu atau yang sering disebut dengan Hindu Dharma pertama kali berkembang di lembah sungai Sindhu. Agama Hindu ini diwahyukan oleh Sang Hyang Widhi yang diturunkan ke dunia melalui perantara para maharsi. Tujuan agama hindu ini adalah untuk mencapai kedamaian rohani dan kesejahteraan hidup jasmani.

Agama hindu ini adalah untuk umat mannusia yang menganut ajaran-ajaran pustaka suci weda-weda yang diwahyukan oleh Sang Hyang Widhi. Seperti halnya rumah, agama hindu juga memiliki kerangka yang disebut dengan Tri Kerangka Agama Hindu, yaitu: Tattwa (filsafat), Susila (etika), dan Upacara (ritual).
Salah satu kerangka agama hindu yaitu susila yang berarti tingkah laku yang baik atau menunjukkan kebaikan yang menjadi pedoman hidup manusia yang selaras dengan ketentuan-ketentuan dharma dan yadnya. Yang dimaksud dengan dharma dalam susila ini adalah hubungan yang selaras dan rukun antara sesama manusia dengan alam semesta.
Ida Sang Hyang Widhi menciptakan alam semesta ini berdasarkan yajnya yang kekal abadi yang merupakan hutang (Rna) bagi kita, maka patutlah kita membayar hutang tersebut dengan melakukan panca yadnya. Panca Yadnya yaitu lima macam korban suci yang patut dipersembahkan oleh umat hindu kehadapan Tuhan Yang Maha Esa beserta manifestasinya. Panca Yadnya terdiri dari Dewa Yadnya, Pitra Yadnya, Manusa Yadnya, Rsi Yadnya, dan Bhuta Yadnya.
Terkait dengan hal-hal diatas

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat diuraikan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa pengertian dari Susila?
2 Ajaran-ajaran apa saja yang berkaitan dengan Susila?
3. Apa pengertian dan tujuan Yadnya?
4. Apa saja bagian-bagian dari Panca Yadnya serta penjelasannya ?

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui pengertian dari Susila.
2. Untuk mengetahui ajaran-ajaran yang berkaitan dengan Susila.
3. Untuk mengetahui pengertian dan tujuan Panca Yadnya.
4. Untuk mengetahui bagian-bagian dari Panca Yadnya serta penjelasannya.

1.4 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah mendapatkan informasi mengenai agama hindu khususnya ajaran susila dan panca yadnya.

Komentar

MADIYA mengatakan…
mohon diberikan komentar demi perbaikan blogs saya....