VEDA PUSTAKA SUCI AGAMA HINDU

VEDA SEBAGAI PUSTAKA SUCI DAN SUMBER AJARAN AGAMA HINDU
Oleh: I Wayan Madiya

1.1 Latar Belakang

Setiap agama mempunyai kitab suci. Isi dari kitab ini adalah wahyu dari Tuhan. Wahyu ini diterima secara langsung oleh para Maharsi atau Nabi dari Tuhan. Demikian pula kitab suci umat Hindu. Kitab sucinya terdiri atas beberapa kelompok kitab yang mempunyai nilai sendiri-sendiri. Ke dalam kitab suci ini banyak pula dimasukan tafsir dari para Maharsi. Tafsir yang berupa ulasan dan penjelasan yang diberikan ini masih dianggap sebagai wahyu, karena diberikan oleh seorang Maharsi bukan orang biasa makin banyak
tafsir yang dimasukan ke dalam kitab yang ditulisnya, makin kurang nilai kitab tersebut sebagai kitab suci.
Di kalangan terpelajar atau intelektual umat Hindu, pemahaman mereka tentang kitab suci Veda masih kurang, apalagi di lingkungan umat yang tradisional dan tidak pernah mengenyam pendidikan agama Hindu tentu sangat kita sayangkan. Wajarlah bila sebagian umat Hindu kurang memahami ajaran agamanya secara utuh atau komprehensip. Demikian pula bila penganut agama lain yang ingin mengenal agama Hindu maupun untuk kepentingan studi sangat sulit untuk mendapatkan kitab suci Veda maupun buku agama Hindu yang sangat terbatas jumlahnya.
Dalam berbagai kesempatan memberikan ceramah agama Hindu atau juga dalam darma wacana dan juga mengikuti berbagai darma tula, diskusi atau seminar, sebagian dari umat Hindu yang terpelajar bertanya kepada penulis tentang kitab suci Veda. Mereka meyakini kitab suci Veda sebagai sumber ajaran agama Hindu, tetapi mereka belum pernah melihat bagaimana kitab suci Veda itu. Beberapa pertanyaan yang mereka sampaikan antara lain: Apakah Veda itu? Apakah Veda sama dengan mantra-mantra yang diucapkan oleh para pandita hindu dalam melaksanakan upacara Yajna? Apa saja yang diajarkan dalam kitab suci Veda? Apakah kitab suci Veda hanya boleh dibaca kalangan tertentu saja? Dan lain-lain pertanyaan yang menyangkut teologi, kosmologi dan kebahagiaan sejati. Sehingga sangat penting Veda ini dikaji lebih dalam agar dapat menambah wawasan bagi para pembaca yang beragama Hindu khususnya para pelajar. Melalui penulisan makalah ini penulis berharap pertanyaan-pertanyaan di atas dapat terjawab dan dapat memperdalam pengetahuan pembaca tentang Veda secara terperinci.

1.2 Rumusan Masalah

1. Apa yang dimaksud dengan Veda?
2. Apa saja bagian-bagian dari Veda dan penjelasan dari bagian tersebut?
3. Bagaimana peranan Veda dalam kehidupan umat beragama Hindu khususnya pelajar?

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah
1. Untuk mengetahui pengertian dari Veda.
2. Untuk mengetahui bagian-bagian dari Veda dan penjelasan dari masing-masing bagian tersebut.
3. Untuk memahami bagaimana peranan Veda dalam kehidupan umat beragama Hindu.
4. Memenuhi tugas sebagai mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Agama.

1.4 Manfaat Penulisan
Manfaat dari penulisan makalah ini adalah:
1. Sebagai sumber pembelajaran tambahan dalam mata kuliah Agama Hindu.
2. Meningkatkan pemahaman pembaca mengenai kitab suci Veda secara terperinci.

Komentar