ISOLASI MINYAK ATSIRI (LIMONENA) DARI KULIT JERUK SIAM

ISOLASI MINYAK ATSIRI (LIMONENA) DARI KULIT JERUK SIAM DENGAN METODE DESTILASI UAP

I Ketut Gede Padmanaba, I Wayan Madiya**), Ni Luh Putu Suarsani
Jurdik Kimia, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha
E-mail: iwmadiya.86@gmail.com

ABSTRAK

Jeruk siam (Citrus reticulate Blanco) merupakan salah satu tumbuh-tumbuhan penghasil minyak atsiri. Dalam hal ini sebagian jeruk yang berperan serta dalam menghasilkan minyak atsiri adalah pada bagian kulit. Secara umum komponen penyusun kulit buah jeruk terdiri dari asam sitrat, asam amino, minyak atsiri
(sitral, limonene, telendren, linau (asetat, alkil aldehid), asam sitrun, vitamin B1 dan C, Fosfor, serta glikosid. Jika dilihat dari kandungan kimia, yang dimiliki kulit jeruk siam (Citrus reticulate Blanco) dapat diisolasi dengan menggunakan metode destilasi uap guna menghasilkan minyak atsiri yang bermanfaat salah satunya seperti wangi-wangian, obat-obatan dan penyedap masakan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan bahwa minyak atsiri dapat diisolasi dari kulit jeruk siam (Citrus reticulate Blanco) dengan metode destilasi uap.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Mengetahui isolasi minyak atsiri dari kulit jeruk siam (Citrus reticulate Blanco) dengan metode destilasi uap, (2) mengetahui indeks bias minyak atsiri dari kulit jeruk siam (Citrus reticulate Blanco), (3) mengetahui kadar minyak atsiri dan limonena dalam 100 gram kuit jeruk siam (Citrus reticulate Blanco).
Isolasi minyak atsiri dilakukan dengan metode destilasi uap. Proses distilasi dihentikan apabila destilat tidak mengandung minyak lagi. Untuk memastikan bahwa dari hasil percobaan adalah minyak atsiri maka diuji dengan pengujian secara fisika dan kimia. Dari hasil perhitungan diperoleh kandungan minyak atsiri dan limonena dalam kulit jeruk siam berturut-turut adalah 2,49% dan 2,36%. Walaupun hasil percobaan tidak terlalu jauh berbeda dengan kadar miyak atsiri secara teori yaitu sebesar 4%, akan tetapi ini masih tetap dianggap belum sempurna. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa minyak atsiri dari kulit jeruk siam (Citrus reticulate Blanco) dapat diisolas dengan metode destilasi uap.

Kata Kunci: isolasi, minyak atsiri, kulit jeruk siam, destilasi uap

**) PEMILIK PENELITIAN

Komentar